Kamis, 07 November 2013

WINDOWS PHONE VS ANDROID

Kalau membahas perkembangan gadget pasti enggak ada habisnya. Karena banyak sekali kemunculan berbagai gadget yang menawarkan berbagai sistem operasi, aplikasi sampai fitur-fitur lain yang membuat para pecinta gadget seakan-akan dibuat 'mabuk'.
Belakangan ini, smartphone menjadi salah satu gadget yang paling digandrungi di pasaran. Melihat minat konsumen yang begitu besar terhadap perangkat ini, produsen smartphone gencar memperkanalkan produk baru dengan fitur yang tidak ada pada produk sebelumnya. Persaingan tersebut memang membawa dampak positif bagi konsumen terutama mereka yang ingin mendapatkan produk terbaik dengan harga menarik. OS adalah salah satu pendukung utama smartphone. Tanpa sistem operasi, smartphone tidak bisa dioperasikan. Dengan kata lain, OS juga menentukan kualitas dari smartphone itu sendiri. Jika Anda ingin membeli smartphone, Anda juga perlu membandingkan sistem operasi di dalamnya. Android, iOS, dan Windows Phone adalah sistem operasi yang diterapkan untuk smartphone. Bagaimanakah perbandingan antara Android dan Windows Phone?

Dilihat dari segi popularitas, Android jauh lebih unggul daripada Windows Phone. Jika dilihat dari market share, presentase Windows Phone memang sangat kecil (hanya sekitar 3%). Perlu diketahui, Android menjadi sistem operasi yang sangat populer karena mudah dioperasikan, didukung banyak aplikasi gratis, dan perkembangannya juga sangat cepat. Android adalah sistem operasi yang cukup user friendly karena mendukug fitur layar sentuh. Hanya dengan menyentuh tombol atau ikon tertentu, pegguna bisa mengakses menu dan fitur Android. Sistem Android juga menjadi primadona karena penggunanya bisa mengakses ribuan aplikasi gratis yang disediakan Google di Play Store. Jika Anda membandingkan Android versi Froyo dan Gingerbread, perbedaan kedua OS tersebut sangat signifikan. Meskipun selisih ‘usia’ kedua sistem operasi tersebut tidak terlalu besar, perkembangannya cukup pesat.

Bagaimana dengan popularitas Windows Phone ? Windows Phone  memang belum lama masuk dalam  market smartphone, tetapi perusahaan ini sudah menduduki peringkat teratas untuk sistem operasi bagi PC desktop atau notebook.  Mungkin Windows butuh waktu yang cukup lama untuk menarik minat konsumen dan mendapatkan market share yang lebih tinggi. Tidak seperti Android yang digunakan oleh banyak produsen smartphone terkenal, Windows Phone mungkin bisa dibilang sepi peminat. Nokia Lumia memang mencapai penjualan yang cukup memuaskan, tetapi penjualan tersebut tidak bisa mendongkrak popularitas Windows Phone. Selain itu, penjualan Lumia pun masih jauh di bawah iPhone.

Android dan windows phone adalah “salah dua” sistem operasi ponsel smartphone yang saat ini menguasai pasar ponsel global. Lihat aja jumlah pengguna ponsel samsung dengan OS android dan nokia lumia dengan windows phone yang meningkat luar binasa. Perbedaan mendasar dari dua  OS ini adalah perusahaan yang mengembangkannya, Android dikembangkan oleh Google.inc dan Windows Phone dikembangkan oleh Microsoft.

Sebagaimana dilansir dari Techradar, ada beberapa lima hal yang bisa kamu jadikan acuan untuk dalam memilih.

  • Interface
Windows Phone ini diciptakan dengan sistem Tiles Live yang mempunyai interface seperti balok yang interaktif. Setiap balok mewakili aplikasi yang berbeda seperti pemutar musik, pesan dan lain sebagainya.
Sedangkan OS Android 4.1 mempunyai Home Screen yang bisa disesuaikan dengan theme dari update tingkat berikutnya.
Widgets biasanya selalu menjadi 'otak' dari sistem OS Android dan kehadiran Jelly Bean membuatnya menjadi jauh lebih leluasa untuk bergerak. Dengan sistem Home Screen ini semua fitur yang terdapat di dalamnya menjadi lebih mudah untuk dihapus dan di edit.
  • Maps
Google Maps merupakan senjata andalan yang dipakai oleh sistem operasi OS Android sebagai pemetaan. Google Maps sendiri dikenal mempunyai detail sampai level Street View, pemetaan 3D dan indoor mapping.
Windows Phone sendiri memakai sistem milik Microsoft yakni Bing Maps. Sistem baru ini juga enggak kalah keren, karena mampu menampilkan navigasi 3D.
  • Kamera
Sekarang kita bakal membahas bagian yang sering dijadikan sebagai pertimbangan utama. Untuk urusan kamera Windows Phone sepertinya masih betah dengan aplikasi kamera yang simple dengan tampilan bersih dan dilengkapi dengan menu untuk mengakses pengaturan kamera.
Untuk OS Android sendiri justru lebih banyak melakukan perubahan seperti pada fitur review, mengedit dan menghapus gambar menjadi lebih mudah. Enggak cuma itu dalam OS Android ini ada sistem scene mode loh jadi kamu bisa mengatur komposisi warna menjadi lebih ideal. 
  • Browser
Aplikasi yang satu ini sepertinya sudah menjadi sebuah kebutuhan ya,jadi enggak lengkap rasanya kalau di handphone yang kita pakai enggak ada aplikasi yang satu ini.
Internet browser di OS Android masih setia menggunakan standar Android Browser, tapi khusus buat Android Jelly Bean sudah dilengkapi dengan Google Chrome loh. Tapi untuk masalah keamanan, sistem OS Android ini bisa dibilang cukup baik dengan kemampuan menyimpan halaman saat offline.
Sementara pada Windows Phone, sistem browser yang dipakai adalah Internet Explorer 10. Internet Explorer 10 ini juga menawarkan sistem keamanan yang cukup baik. Internet Explorer pada Windows Phone dilengkapi dengan layanan fitur Phising dan SmartScreen yang berfungsi untuk melindungi dari serangan situs-situs yang berbahaya.
  • Media
Media Windows Phone memberikan fitur yang membuat kamu menjadi mudah disimpan dan diakses lewat kartu MicroSD. Hal berbeda terdapat dalam media yang ditawarkan sistem OS Android yaitu dengan menawarkan berbagai macam resolusi mulai dari 800×480 piksel, 1280×720 piksel dan 1280×768 piksel. Google Play adalah andalan dari sistem OS Android ini.

sumber :
http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/06/24/windows-phone-vs-android-windows-phone-juara--568027.html
http://www.clear.co.id/whats-fresh/yuk-pahami-perbedaan-windows-8-dan-os-android-d402e6e.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar